GERAKAN PENGENDALIAN OPT PADI KAPANEWON LENDAH

Pada hari ini Kamis , 18 April 2024 telah dilaksanakan kegiatan Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman ( Gerdal OPT ) khususnya untuk tanaman padi di wilayah Kalurahan Sidorejo.  Berdasarkan hasil pengamatan petugas POPT dan berdasarkan hasil laporan dari kelompok tani  khususnya di wilayah Sidorejo. Bahwasannya dilahan pertanaman padi di wilayah Sidorejo sudah terserang Hama Wereng Batang Coklat ( WBC ) Sehingga sangat perlu direkomendasikan untuk dilaksanakan gerakan Pengendalian  OPT Wereng batang Coklat ( WBC ).

Kegiatan ini dihadiri dari Pemerintah Kalurahan Sidorejo, Babinsa Sidorejo ,seluruh Penyuluh Pertanian BPP Lendah, Petugas POPT BPP Lendah dan seluruh anggota kelompok tani yang tergabung dalam Gapoktan Ngudi Rejo Mulyo. Kegiatan ini diimulai pukul 07.00 WIB  di bagi beberapa titik yang meliputi KT Sido Rukun Jurug, KT Makmur Jaya Karang, KT Ngudi Rahayu Kwarakan, KT Ngudi Makmur Diran, KT Al Sendeni Senden, KT Sido Dadi Gedhen, KT Kembang Setaman Bekelan, KT Legowo Sedan, KT Syukur Sehat Sedan, KT Amrih Makmur Tubin.

Dalam kegitan tersebut ada fasilitas Insektisida dari Dinas Pertanian, hal ini dilakukan sebagai wujud pengawalan dan pengamanan produksi padi di Kapnewon Lendah khususnya di kalurahan Sidorejo,  Dengan kegiatan Gerakan Pengendalian OPT Padi khususnya Wereng Batang Coklat ini diharpakan produktifitas padi bisa optimal. ( Sudarmono, SP  Penyuluh Ahli Pertama BPP Kapanewon Lendah )