Sejarah

Pada tahun 1996, Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo memiliki dinas yang memiliki fungsi penyelenggaraan urusan bidang pertanian bernama Dinas Pertanian Tanaman Pangan. Pada tahun 2006, Dinas Pertanian Tanaman Pangan berubah nama menjadi Dinas Pertanian dan Kelautan.

 

Pada tahun 2008, Bupati Kulon Pogo yang menjabat saat itu, Toyo Santoso Dipo membentuk Dinas Pertanian dan Kehutanan. Sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 69 Tahun 2008, Dinas Pertanian dan Kehutanan memiliki fungsi penyelenggaraan urusan Pemerintah Daerah dan tugas pembantuan di bidang pertanian dan kehutanan.  Dinas Pertanian dan Kehutanan memiliki 4 bidang, yaitu Bidang Tanaman Pangan, Bidang Hortikultura, Bidang Kehutanan dan Bidang Perkebunan.

 

Kemudian pada tahun 2016, Dinas Pertanian dan Kehutanan berubah nama menjadi Dinas Pertanian dan Pangan. Perubahan ini diinisiasi oleh Bupati Kulon Progo saat itu, Hasto Wardoyo, dan diresmikan pada tanggal 2 Januari 2017. Proses pembentukan Dinas Pertanian dan Pangan menimbang dan mengingat Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2016. 

 

Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 16 Tahun 2016, Dinas Pertanian dan Pangan memiliki fungsi penyelenggaraan urusan Pemerintah Daerah dan tugas pembantuan di bidang pertanian dan pangan. Lalu, Dinas Pertanian dan Pangan saat ini memiliki 6 bidang, yaitu Bidang Tanaman Pangan, Bidang Hortikultura, Bidang Perkebunan, Bidang Pangan dan Penyuluhan, Bidang Peternakan, dan Bidang Kesehatan Hewan.