Pengembangan Budidaya Bawang Merah Di Lahan Pesisir Kapanewon Panjatan

(Panjatan, 7 April 2021) Komoditas hortikultura yang potensial dikembangkan di Kabupaten Kulon Progo salah satunya adalah tanaman bawang merah. Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo pada akhir tahun 2020 ada kegiatan pengembangan budidaya bawang merah pada lahan pesisir,. dimana kapanewon panjatan menjadi salah satu lokasi yang ditunjuk karena diwilayah kapanewon panjatan memiliki lahan pesisir yang luas. Pengembangan tanaman bawang merah di lahan pesisir kapanewon Panjatan yaitu di Kalurahan Garongan dan Kalurahan Bugel.

Di Kalurahan Garongan dari bulan Februari sampai dengan bulan Maret tahun 2021 ini secara bertahap sudah panen dengan hasil rata-rata ubinan 3,2 kg/m², dan setelah di konversi mendapatkan hasil 19,2 ton/ha.

Menurut Basiran petani bawang merah, kelebihan pengembangan tanaman bawang merah di lahan pesisir adalah pada persiapan lahan yang lebih mudah daripada di lahan sawah, pertumbuhan tanaman bawang yang lebih cepat  dan juga dapat menambah pendapatan petani yang menanam dengan sistem tumpang sari dengan tanaman cabai (sumber: BPP Panjatan).