RAT PUAP GAPOKTAN JATIMAKMUR JATIREJO LENDAH

Gapoktan Jatimakmur Kalurahan Jatirejo Kapanewon Lendah Pada Hari Jumat 22 Januari 2020 mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2020 bertempat di Jatirejo Lendah. Adapun tujuan RAT adalah sebagai wujud pertanggung jawaban pengurus kepada anggota dalam melaksanakan tugas selama satu tahun berjalan. Bentuk pertanggung jawaban itu  dituangkan dalam sebuah laporan serta untuk mengevaluasi dan menilai kinerja selama satu tahun kerja.

Rapat Anggota Tahunan (RAT)  dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo yang diwakili oleh Ir. Trenggono Trimulyo, MT selaku Kabid Pangan dan Penyuluhan, Koordinator Penyuluh Pertanian Kabupaten Kulon Progo Ir. Hardono Agus Wardoyo, Koordinator BPP Kapanewon Lendah Romsiyah, SP ,Penyuluh Pendamping Kalurahan Jatirejo, Lurah Kalurahan Jatirejo,  Pengurus LKMA PUAP, dan Perwakilan Anggota Gapoktan Jatimakmur Jatirejo Lendah.

Pada kesempatan itu Ketua LKMA PUAP membacakan  Laporan Keuangan Neraca Saldo Periode Januari-Desember 2020 yang tertuang dalam Laporan Pertanggungjawaban PUAP Gapoktan Jatimakmur. Sampai saat ini harta yang dimiliki  LKMA PUAP yang menerima dana di Tahun 2008 sebesar 100 juta dapat berkembang menjadi Rp. 256.014.310 ditahun 2020 atau ada peningkatan dibanding pada tahun 2019 sebesar Rp. 241.929.219. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan program kerja untuk tahun 2021 dengan target lebih baik dan maju dibanding tahun 2020

Menyoroti masalah jika ada tunggakan yang terjadi di LKM PUAP, Ir. Trenggono Trimulyo, MT  memberikan solusi kepada pengurus dan Gapoktan  agar dapat menyelesaikan masalah tunggakan dengan berkoordinasi dengan pemerintah kalurahan setempat dan pendampingan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo melalui BPP Kapanewon Lendah selaku kepanjangan tangan dari Dinas Pertanian dan Pangan. Ir. Trenggono mengatakan bahwa awal mula dana PUAP itu adalah untuk pemberdayaan masyarakat maka seyogyanya dana yang diterima dapat benar-benar dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat agar dapat mencapai swasembada pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Gapoktan Jatimakmur Jatirejo Lendah sangat berterimakasih atas masukan, saran, motivasi dari Pembina serta pemerintah. Saran, masukan dan motivasi akan dijadikan sebagai awal pijakan agar Gapoktan Jatimakmur ditahun-tahun kedepan akan semakin maju dan makmur bagi anggotanya. (Sumber: Martono, Penyuluh Pertanian BPP Lendah)

edt.@ziz