BUPATI KULON PROGO RESMIKAN PASAR TANI SANGGA BOGA

Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo meresmikan Pasar Tani Sangga Boga di Komplek Pasar Hewan Terpadu, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo pada hari Jumat 8 Januari 2021. Dalam peresmian tersebut  sebanyak 18 KWT di Kapanewon Pengasih ikut meramaikan kegiatan itu.

Bupati Kulon Progo sangat mengapresiasi dibukanya pasar tani yang menjadi inisiatif Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kapanewon Pengasih. Hal tersebut  akan melengkapi  ketersediaan produk di pasar tani. Dengan harapan ketersediaan pangan yang dibutuhkan masyarakat akan tersedia. Adapun arti dari Sangga Boga adalah Ketahanan Pangan serta Ketersediaan Pangan.

Walaupun pasar tani ini baru buka pada setiap pasaran Wage dan Legi namun tidak mengurangi antusias dari masyarakat sekitar maupun dari Kulon Progo untuk datang ke arena pasar tani tersebut. Bukan tidak mungkin pasar tani ini akan buka setiap hari jika memang minat publik sangat tinggi tentang keberadaan pasar tani dan tentunya minat pedagang untuk berjualan juga akan lebih bergairah. Dalam pembukaan tersebut didapat  penerimaan sebesar Rp. 5.301.000,-

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan pangan Kabupaten Kulon Progo Ir. Muh Aris Nugroho, MMA mengatakan bahwa pasar tani Sangga Boga  sebagai upaya pihak Dinas Pertanian dan pangan melakukan pendampingan kepada para petani muda mulai dari hulu hingga hilir. Petani muda diharapkan dalam agribisnis mulai dari penanaman, pengolahan hasil dan penjualan lebih maju. Dalam proses penanaman, Dinas Pertanian dan Pangan mendampingi bagaimana meningkatkan produksi dan produktivitas petani. Sedang proses  pengolahan  hasil bagaimana produk yang semula belum tahu apakah dapat dikonsumsi dan sekarang dapat dikonsumsi  secara aman bagi kesehatan masyarakat.

Dinas Pertanian dan Pangan juga akan melakukan pendampingan dalam proses penjualan yang berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo. Harapannya kedepan  pasar hewan Pengasih ini akan menjadi pasar pertanian secara umum, tidak hanya menjual produk peternakan namun produk tanaman hias, perikanan dan berbagai olahan makanan. Terlebih pada saat pandemi Covid 19 ini tanaman hias sedang banyak diminati masyarakat dengan harga jual yang kadang tidak masuk akal.

Sementara itu Kepala Bidang Penyuluhan dan Pangan Ir. Trenggono Trimulyo, MT mengatakan bahwa dalam rencana nanti selain KWT yang ada di Pengasih juga akan melibatkan Asosiasi Mulia Boga Nusantara. Dengan begitu  kedepannya diharapkan dapat memberikan  potensi yang luas dengan melibatkan seluruh KWT yang ada di Kabupaten Kulon Progo. (Sumber : Martono Penyuluh Pertanian BPP Lendah)

edt.@ziz