Demplot uji benih  Benih Bawang Bombay

     Sumarsana anggota kelompok tani Ngudi Mulyo, Penjalin, Donomulyo dengan pendampingan Penyuluh Pertanian Kapanewon Nanggulan bekerjasama dengan produsen benih Primasid mengadakan demplot uji benih  Benih Bawang Bombay.  Uji benih ini dilaksanakan dalam rangka memperoleh benih Bawang Bombay yang paling sesuai untuk dikembangkan di Daerah.

     Uji benih dilaksanakan dengan penanaman 3 jenis Bawang Bombay yaitu : 05, 06 dan 011. Benih disemai pada awal bulan Mei , selanjutnya penanaman pada 12 juni dan panen dilaksanakan pada tanggal 14 september 2020.   Hasil panen umbi basah yang tertinggi adalah jenis 06 : 7,14 kg/m2, jenis 0,11 : 6,24 kg/m2 dan 05 : 4,52 kg/m2.

     Melihat hasil panen uji benih tersebut,Ir Aris Nugroho kepala dinas pertanian dan pangan kabupaten Kulon Progo mengharapkan adanya kelanjutan program kerjasama tersebut. Bisa dilihat bahwa hasil panen cukup baik dengan umbi yang besar besar tidak kalah dengan bawang Bombay import. Kerjasama selain dalam pengembangan tanam jjuga sampai dengan pemasaran hasil. Bahkan kedepan diharapkan kabupaten kulon progo bisa menjadi daerah produsen bawang Bombay sehingga bisa mencukupi kebutuhan sendiri bahkan kebutuhan regional dan Nasional, hal ini sekaligus dalam mendukung program “BELA DAN BELI KULON PROGO” yang sudah dicanangkan di kabupaten Kulon Progo 

(Sumber : Bid Hortikultura)