Sosialisasi dan Implementasi Kartu Tani di Kalibawang

  (Kalibawang 31 Agustus 2020 ) BPP Kapanewon Kalibawang mengadakan Sosialisasi dan Implementasi Kartu Tani di Kios Pengecer KUD Sido Tentrem, Banjararum, Kalibawang.
Dimana KUD Sido Tentrem ini menyalurkan pupuk bersubsidi sebanyak 18 kelompok tani yang ada di wilayah Banjararum. Fahri dari BRI mengatakan bahwa 712 Kartu Tani yang ada di Wilayah Dekso yang sudah dilaporkan ke pusat oleh BRI. Ada 2 unit BRI yang ada di Kalibawang. Penebusan pupuk bersubsidi yang dilakukan oleh petani dapat dengan cara pembayaran uang secara tunai kepada agen khusus atau KPL yang telah ditunjuk oleh BRI.


    Berdasarkan Surat Dirjen PSP Kementan No.447/SR.320/B.52/08 2020 maka mulai 1 September 2020 mulai penggunaan kartu tani. Bagi kios pengecer mohon untuk melakukan pengecekan Mesin Electronic Data Capture (EDC), jika belum ada maka untuk koordinasi kepada BRI.
Ermono,SP menambahkan yang harus dilakukan petani yaitu pengecekan kartu tani untuk oleh pengurus kepada anggotanya sudah mempunyai apa belum, jika belum mempunyai kartu tani segera mengumpulkan FC KTP untuk dikumpulkan kepada penyuluh pertanian penanggung jawab kalurahan, untuk segera dilakukan input data baik itu di data simluhtan kemudian data sinpi terus data e-Rdkk.
Bila sudah mendapatkan kartu tani maka untuk aktivasi kartu dilakukan secara kolektif di BRI.
Bagi kelompok Tani yang belum masuk ke sistem e-Rdkk 2020 segera melaporkan ke BPP untuk dapat dilakukan pendataan. Untuk petani yang kartu tani dan buku tabungan yang hilang maka wajib melaporkan kepada Polsek setempat untuk mencari surat kehilangan kemudian mengurus kembali di BRI. Bagi petani yang tidak dapat membeli pupuk bersubsidi dengan Kartu Tani, maka untuk disarankan dapat membeli pupuk non bersubsidi dan pupuk organik.( Sumber : Ermono,SP)