Donasi dari Asosiasi Gapoktan untuk Warga Terdampak Pandemi Covid-19

Ketua Asosiasi Gapoktan Kulon Progo Bp. Margiyono didampingi Bp. Mujiyono dari Gapoktan Ngesti Raharjo Wates dan Bp. Munawar Gapoktan Among Tani Kedundang menyerahkan bantuan beras 1.050 kg kepada warga  yang terkena dampak pandemi Covid-19 melalui posko penanganan Covid 19 Kodim Kulon Progo. Bantuan diterima Dandim 0731KP Letkol Dodi Susanto A.Md di Aula Makodim Kulon Progo pada hari selasa, 14 April 2020.

Pada acara serah terima tersebut turut hadir Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo Ir. Muh. Aris Nugroho, MMA didampingi Kepala Bidang Pangan dan Penyuluhan Ir. Trenggono Trimulyo, MT. Pada kesempatan tersebut Ir. Muh. Aris Nugroho, MMA mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Asosiasi dalam upaya meringankan beban warga yang terdampak covid 19 sekaligus mendukung ketersediaan pangan ditengah kondisi yang memprihatinkan adanya wabah Covid-19, dengan adanya ketersediaan pangan yang cukup tentunya sangat membantu dalam upaya pencegahan terjadinya kerawanan sosial.

Pada kesempatan yang sama Ir. Trenggono Trimulyo, MT juga melakukan penghitungan ketersediaan pangan terutama beras bahwa prognosa ketersediaan beras sampai bulan Mei 2020 di Kulon Progo ada sekitar 30 ribu ton sedangkan kebutuhan beras hanya sekitar 6 ribu ton sehingga masih surplus 24 ribu ton. Bahan pangan lainnya seperti telur ayam ras dan daging ayam ras serta cabe stok relatif aman.

Margiyono selaku Ketua Asosiasi Gapoktan menyatakan siap menyalurkan bantuan sembako beras kurang lebih 53 ribu KPM atau sekitar 530 ton setiap bulan di tengah wabah Covid-19 sehingga ada uang yang beredar di Kulon Progo sebanyak 5,3 Milyar per bulan. (Ir. Trenggono Trimulyo, MT)

Edt:@zis,Rin