Lomba Kelompok Tani KBR Tahun 2014

Salah satu upaya pemerintah untuk lebih memberdayakan masyarakat dalam mengurangi laju deforestasi dan lahan kritis melalui komponen penyediaan benih dan bibit yang berkualitas lewat kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan dengan Pembangunan Kebun Bibit Rakyat (KBR). Melalui KBR ini diharapkan upaya penyediaan bibit tanaman hutan maupun MPTS dengan kuantitas dan kualitas yang baik dapat terpenuhi. Disamping itu, KBR juga diharapkan dapat digunakan sebagai wahana pembelajar bagi masyarakat dalam pembuatan pembibitan secara baik dan benar.

Guna mendorong pelaksanaan kegiatan KBR ini Dinas Kehutanan dan Perkebunan D.I.Yogyakarta mengadakan lomba KBR tingkat Propinsi dan dalam lomba ini wakil dari Kabupaten Kulon Progo dipercayakan pada Kelompok Tani Maju Jaya Dusun Blumbang Desa Banjararum Kecamatan Kalibawang.

Di kelompok ini direncanakan pembibitan sengon laut sejumlah 50 000 batang  tetapi kelompok tani dapat mencapai jumlah 55.000 btg, sehingga keberhasilan pencapaian jumlah tanaman sudah 110 % dari target dan dilihat dari pertumbuhan bibit tanaman pada saatnya akan siap disalurkan dan ditanam untuk merehabilitasi hutan dan lahan kritis serta lahan kosong dan lahan tidak produktif di wilayah sekitarnya  sehingga kekritisan lahan di Kabupaten Kulon Progo diharapkan akan berkurang.

Pelaksanaan Lomba KBR tahun 2014 tingkat propinsi untuk Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan tanggal 28 Oktober 2014 dengan penilaian teknis maupun administrasi yang diwakili Kelompok Tani Maju Jaya yang diketuai Bapak Wahono dengan ketua Tim Perencana Bapak Slamet, Tim Pelaksana Bapak Sutanto, Ketua Tim Pengawas Bapak Ratiyono,  Acara tersebut dihadiri oleh semua anggota kelompok tani dengan ucapan selamat datang oleh Bapak Camat Kecamatan Kalibawang dan Pelepasan Tim oleh Bapak Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan.

Perencanaan penanaman KBR tahun 2014 di Kelompok Tani Maju Jaya  direncanakan di Dusun Blumbang, Puser, Ngentak, Bajan, Sentul, Popohan, Klepu, Sorotanon dan Mejing seluas 125 Ha.

Harapan dari kelompok tani Maju Jaya Dusun Blumbang Desa Banjararum Kecamatan Kalibawang dapat meraih Juara I Tingkat Propinsi lomba KBR tahun 2014 dan diamini oleh semua anggota kelompok.