Pembinaan Budidaya Tanaman Hortikultura di Lahan Pekarangan

Dinas Pertanian DI Yogyakarta melaksanakan Kegiatan Pembinaan Budidaya Tanaman Hortikultura di Lahan Pekarangan di KWT Sekar Arum Dsn. Punukan Wates pada Selasa, 17 April 2018 yang diikuti oleh TP PKK Kabupaten Kulon Progo, TP PKK Kecamatan wates, TP PKK Kelurahan Wates, TP PKK Dusun Punukan dan anggota KWT Sekar Arum.
Kegiatan tersebut dibuka oleh Ir. Trenggono Trimulyo, MT Kabid Pangan dan Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan, hadir pada kegiatan pembinaan tersebut TP PKK DIY dan Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian DIY. Dalam sambutannya Ir. Trenggono Trimulyo, MT mengatakan bahwa sejalan dengan Visi Pemerintah Kabupaten Kulon Progo antara lain terwujudnya masyarakat Kulon Progo yang sejahtera, kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) sebagai salah satu program pemberdayaan masyarakat khususnya Kelompok Wanita Tani untuk mewujudkan kemandirian pangan dan kesejahteraan masyarakat.
Kabid Pangan dan Penyuluhan juga menyampaikan bahwa tujuan kegiatan KRPL adalah pertama meningkatkan kesadaran, peran dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan yang beragam - bergizi seimbang - dan aman (B2SA), kedua meningkatkan partisipasi kelompok wanita tani dalam penyediaan sumber pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, ketiga mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga sehingga mampu meningkatkan kesejahteraannya.
Pada akhir sambutannya Ir. Trenggono Trimulyo, MT mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan setiap jengkal tanah untuk pangan kita terutama lahan pekarangan. Pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam berbagai sayuran / buah-buahan dapat menghasilkan sumber pangan vitamin yang berguna dalam metabolism tubuh sebagai zat pengatur. Penanaman berbagai umbi-umbian dapat menyediakan sumber karbo hidrat yang berfungsi sebagai zat tenaga. Memelihara ikan, memelihara ayam, memelihara kelinci bisa sebagai sumber protein hewani. Mari kita wujudkan Kulon Progo TOP Telaten Open Panen, Iso nandur ngopo tuku, Madep mantep mangan pangane dewe.