Tingkatkan Produktivitas Pertanian Dinas Pertanian dan Pangan KP Berikan Bantuan Hand Traktor Capung

Senin 27 Juni 2022 bertempat di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo menyerahkan bantuan alat mesin pertanian berupa hand traktor capung sebanyak 4 unit yang dianggarkan melalui dana APBD Kabupaten Kulon Progo Tahun Anggaran 2022. Alat mesin pertanian bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang kerap timbul dari penggunaan metode konvensional yang seluruh prosesnya masih mengandalkan tenaga manusia. Traktor capung sebagai salah satu bentuk implementasi inovasi teknologi di bidang pertanian, dengan penerapan pertanian modern, para petani dapat menghemat tenaga dan mendapatkan hasil produksi yang lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Traktor capung ini cocok digunakan untuk daerah di dataran tinggi karena memang didesain khusus sebagai solusi pengolahan lahan terasering dengan bentuknya yang kecil, ringan dan stabil.

Adapun kelompok tani penerima bantuan tractor capung yaitu 1) Kelompok Tani Margo Rukun, Cepitan, Wijimulyo, Nanggulan 2) Kelompok Tani Rukun Tani, Gorolangu, Sidoharjo, Samigaluh 3) Kelompok Tani Sido Rahayu, Bleder, Pendoworejo, Girimulyo dan 4) Kelompok Tani Suko Makaryo, Pringtali, Kebonharjo, Samigaluh, dimana masing-masing kelompok tani mendapatkan bantuan 1 unit.

Sebelum penyerahan secara simbolik, kelompok tani didampingi koordinator BPP masing-masing wilayah diberikan pengarahan dari Ibu Kirmi, STP selaku pelaksana Sub Koordinator Kelompok Substansi Produksi Tanaman Pangan. Kelompok diharapkan dapat memanfaatkan, menjaga dan merawat dengan baik bantuan tractor ini. Selain itu, segala aktivitas yang berkaitan dengan tractor baik sewa tractor maupun biaya operator tractor harus dicatat dan dibukukan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolik oleh Sekretaris Dinas, Ibu Sri Wijayanti, S.Hut., M.Si ke masing-masing kelompok tani. Dengan adanya bantuan traktor ini diharapkan dapat bermanfaat bagi petani khususnya dan kelompok tani pada umumnya dan dapat meningkatkan produktivitas yang nantinya akan meningkatkan kesejahteraan petani.

(Heni, Bid.TP)

edt.heni