Kapusluh Hadiri Seminar Regional Perhiptani dan KTNA DIY 2019 di Sleman

Kamis, 11 Juli 2019 12:04:33 - Oleh : Martono, S.TP. (UPT Penyuluhan Pertanian)

Kapusluh Hadiri Seminar Regional Perhiptani dan KTNA DIY 2019 di Sleman

TEMU TEKNIS OPTIMALISASI LAHAN DENGAN "TURIMAN" DI BPP WATES

PEMBUKAAN PEDA KTNA DIY 2019

Kulon Progo Berjaya di "Lantip Trengginas" PEDA KTNA di Sleman

Seminar Perhiptani dan KTNA  

(Sleman, 10 Juli 2019). Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Dr.Ir Siti  Munifah ,MM menghadiri seminar regional Perhiptani dan KTNA yang diselenggarakan oleh Pengurus Perhiptani DIY yang berlangsung di Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BPTH) DIY. Dalam seminar tersebut disampaikan tentang usaha Kementan membangun kapasitas individu penyuluh, kontak tani dan petani dalam menghadapi perubahan. Dalam kesempatan tersebut disampaikan gagasan rekayasa  sosial bagi petani dan keluarganya serta kelompok sosial yang ada guna membangun industri pertanian berbasis komunitas di pedesaan yang selama ini merasa selalu dikalahkan oleh pergerakan perusahaan besar yang menguasai perdagangan hasil pertanian.

Seminar yang dilaksanakan bersamaan dan merupakan rangkaian kegiatan Peda KTNA tahun 2019 pada 10 juli 2019. Hal ini menunjukan sinergitas antara penyuluh dan kontak tani nelayan  andalan di DIY dan ditunjukkan pula di daerah se nusantara. Seminar ini membawakan tema Penguatan Sumberdaya Manusia Pertanian dalam menggadapi era industri 4.0. Tema ini dilatarbelakangi kesadaran akan kewajiban bergerak semakin cepat untuk menyamakan kecepatan langkah menghadapi globalisasi serta kecanggihan revolusi komunikasi yang luar biasa dahsyatnya. Kesadaran akan kekurangan individu, sebagai pelaku dalam pembangunan pertanian akan perkembangan sosial, ekonomi, pengetahuan dan teknologi mengharuskan kita untuk meng upgrade kemampuan diri agar tidak ketinggalan zaman. Salah satu langkah untuk membangun kapasitas itu adalah dengan menggelar seminar.

Seminar kali ini menarik minat penyuluh dan petani bukan hanya dari DIY  namun diikuti oleh petani dan penyuluh dari Jawa Tengah yaitu Kabupaten Klaten, Wonogiri, Magelang dan dari Jawa Timur yaitu Kabupaten Ngawi yang menurut catatan belum pernah terjadi dalam sebuah seminar tingkat regional. Jumlah yang tercatat mengikuti seminar adalah 200 orang.

Dalam kesempatan tersebut hadir juga narasumber dari Kadin DIY yaitu Bapak Wiwit Sukatmaji, Ketua DPW Perhiptani DIY Ir. Asikin Chalifah, Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Sleman Ir. Heru Saptono.

(edt. li@nt)

« Kembali | Kirim | Versi cetak