PEMBUKAAN PEDA KTNA DIY 2019

Selasa, 9 Juli 2019 12:54:32 - Oleh : Martono, S.TP. (UPT Penyuluhan Pertania)

Kapusluh Hadiri Seminar Regional Perhiptani dan KTNA DIY 2019 di Sleman

TEMU TEKNIS OPTIMALISASI LAHAN DENGAN "TURIMAN" DI BPP WATES

PEMBUKAAN PEDA KTNA DIY 2019

Kulon Progo Berjaya di "Lantip Trengginas" PEDA KTNA di Sleman

Pembukaan PEDA KTNA DIY 2019 oleh Wakil Gubernur DIY  

(Sleman. Selasa, 9 Juli 2019). Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) secara resmi dibuka pada hari ini Kamis 9 Juli 2019. Pelaksanaan PEDA KTNA 2019 berlangsung dari tanggal 7-12 juli mendatang. Pembukaan Peda KTNA ke 16 yang diikuti oleh 5 Kabupaten/Kota se DIY yang berlangsung di lapangan Bunder, Purwobinangun, Sleman berlangsung sukses dan meriah dan diikuti sekitar 500 peserta serta ribuan pengujung.  Peda KTNA 16 dibuka  oleh Wakil Gubernur DIY Sri Pakualam IX.

PEDA KTNA kali ini menjadi media tukar informasi, tukar ketrampilan, tukar teknologi, tukar pengalaman serta jejaring kemitraan dan pemasaran bagi para peserta. Di lokasi PEDA KTNA juga ditampilkan berbagai macam stand pameran yang diikuti oleh 5 kabupaten/kota serta stand baik dari dinas instansi, UMKM, kelompok tani maupun pengusaha yang bergerak dibidang pertanian dan perikanan. Diharapkan pasca PEDA KTNA ini apa yang dipamerkan disini bisa diterapkan oleh seluruh steakholder yang ada dan juga terjalin kemitraan lebih lanjut usaha khususnya bagi pelaku agribisnis di DIY dengan pengusaha di daerah sehingga akan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dan ketahanan pangan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu diharapkan kepada  peserta PEDA KTNA melalui kegiatan yang diikuti dapat dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dibidang profesi masing-masing sehingga kualitas sumber daya petani dan nelayan terus meningkat dan mampu bersaing menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat baik dikawasan regional, nasional maupun internasional.

Pada PEDA KTNA DIY 2019 kali ini generasi muda menjadi fokus diskusi, mereka didorong agar berminat terjun ke bidang pertanian karena saat ini sektor pertanian masih didominasi oleh petani dengan usia yang lebih tua. Keterlibatan kaum muda dibidang pertanian sangat dibutuhkan untuk menjamin keberlanjutan hasil pangan. Agar generasi muda tertarik, panitia menghadirkan para petani muda generasi milenial yang sukses menggeluti pertanian. Mereka akan berbagi ilmu dalam berbagai seminar dipertemuan tersebut. Hal tersebut sesuai dengan tema PEDA KTNA 2019 yaitu “Pemberdayaan Pemuda dan Penguatan Kelembagaan Tani Nelayan Kita Wujudkan Ketahanan, Kedaulatan dan Kemandirian Pangan Berkelanjutan”.

Rangkain kegiatan dalam PEDA KTNA atara lain temu wicara, seminar, display teknologi, study banding, outbond serta berbagai macam perlombaan, serta festival kesenian dan memedi sawah dan lain sebagainya. (edt. li@nt)

 

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak