Kulon Progo Berjaya di "Lantip Trengginas" PEDA KTNA di Sleman

Senin, 8 Juli 2019 11:33:10 - Oleh : UPT Penyuluhan Pertanian

Kapusluh Hadiri Seminar Regional Perhiptani dan KTNA DIY 2019 di Sleman

TEMU TEKNIS OPTIMALISASI LAHAN DENGAN "TURIMAN" DI BPP WATES

PEMBUKAAN PEDA KTNA DIY 2019

Kulon Progo Berjaya di "Lantip Trengginas" PEDA KTNA di Sleman

Kontingen Lantip Trengginas dan PEDA KTNA Kulon Progo  

(Sleman, 8 Juli 2019). Sektor Pertanian memiliki peran penting dalam Pembangunan Nasional utamanya sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian nasional, penciptaan lapangan kerja, pengentasan keminskinan serta pelestarian lingkungan yang berkelanjutan. Untuk menjalankan peran tersebut diperlukan sumberdaya manusia yang berkualitas, handal dan kompetitif. Hal ini harus tercermin pada para pelaku pembangunan pertanian baik untuk pelaku utama ataupun juga pelaku usaha untuk mampu membangun usaha agribisnis yang berdaya saing dan juga turut serta menjaga kelestarian sumberdaya alam dan lingkungan, sejalan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Dalam rangka menggerakkan kepemimpinan petani nelayan dan menggairahkan usaha agribisnis,  maka pada tahun 2019 akan dilaksanakan Pekan Daerah Petani Nelayan (PEDA 2019). PEDA 2019  ini merupakan momen yang sangat strategis dimana akan berkumpul tokoh – tokoh Petani Nelayan, sehingga kesempatan ini merupakan forum akbar bagi pelaku utama dan pelaku usaha untuk dapat saling berkomonikasi, berkreasi dan berinteraksi sehingga terjalin kemitraan agribisnis dari oleh dan untuk pelaku utama maupun pelaku usaha.

Pekan daerah merupakan forum pertemuan petani nelayan dalam rangka proses pembelajaran, tukar menukar informasi, pengembangan jejaring kerjasama sekaligus membangkitkan semangat dan tanggung jawab serta kemandirian petani nelayan. Berkumpulnya para tokoh petani nelayan yang berhasil pada Pekan Daerah merupakan kesempatan yang berharga untuk dimanfaatkan dengan sebaik baiknya oleh berbagai pihak dalam rangka menyampaikan informasi dan kebijakan pembangunan pertanian yang diperlukan oleh petani nelayan.

Pekan Daerah (PEDA) Petani Nelayan 2019 digelar di  Kabupaten Sleman mengambil tema “Melalui Pemberdayaan Pemuda Dan Penguatan Kelembagaan Tani Nelayan Kita Wujudkan Ketahanan, Kedaulatan Dan Kemandirian Pangan Berkelanjutan”

Di setiap pelaksanaan PEDA selalu dimeriahkan dengan berbagai macam lomba yang salah satunya adalah Lomba lantip trengginas. Lomba ini  merupakan perlombaan yang paling bergengsi diantara perlombaan yang diperlombakan di PEDA KTNA. Pada pelaksanaan PEDA KTNA XII di Purwobinangun, Pakem, Sleman yang berlangsung pada tanggal 7-12 juli 2019, lomba ini dilaksanakan mengawali lomba-lomba yang lain. Lomba diikuti oleh 5 kontingen dari 4 kabupaten dan 1 kota. Kontingen Kulon Progo yang diwakili oleh Imam Rodli, S.Pt; Suyani, Siti Rupingah, Untung Suharjo dan Saparbe berhasil menjadi juara pertama dengan nilai 880. Adapun nilai selengkapnya yang diperoleh masing-masing kabupaten adalah 1. Kulon Progo nilai 880, 2. Bantul 710 3. Kota Yogyakarta 595 4. Sleman 570 dan 5. Gunung Kidul 480. (Edt. li@nt)

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak