JUARAI GAPOKTAN BERPRESTASI TK. DIY, GAPOKTAN MAKMUR SEJAHTERA TUKSONO MAJU KE TK. NASIONAL

Selasa, 2 Juli 2019 11:16:04 - Oleh : Martono, SP

Kapusluh Hadiri Seminar Regional Perhiptani dan KTNA DIY 2019 di Sleman

TEMU TEKNIS OPTIMALISASI LAHAN DENGAN "TURIMAN" DI BPP WATES

PEMBUKAAN PEDA KTNA DIY 2019

Kulon Progo Berjaya di "Lantip Trengginas" PEDA KTNA di Sleman

Gapoktan Makmur Sejahtera,Tuksono,Sentolo  

(Tuksono, 01/07/2019 ) Gapoktan Makmur Sejahtera Desa Tuksono adalah Gapoktan yang berdiri sejak tanggal 07 Maret 2013. Gapoktan makmur sejahtera beranggotakan 14 kelompok Tani Sedesa Tuksono. Anggota gapoktan saat ini berjumlah 1.478 orang, yang terdiri dari 1.203 0rang laki-laki dan 275 orang perempuan. Pada masa kerja periode 2018 - 2021 Gapoktan Makmur Sejahtera diketuai oleh Bapak Jemidi, S. Ag. Gapoktan ini mempunyai 3 (tiga) unit usaha yaitu, unit LKMA, Unit Distribusi dan pemasaran hasil pertanian dan unit sarana produksi pertanian.
Gapoktan Makmur Sejahtera Desa Tuksono pada tahun 2019 ditetapkan menjadi Juara I Gapoktan berprestasi tingkat Provinsi DIY dan selanjutnya diajukan dalam lomba Gapoktan Berprestasi tingkat nasional. Pada hari senin, tanggal 01 Juli 2019 gapoktan Makmur Sejahtera yang sekretariatnya beralamat di Dusun Krebet, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo menerima tamu dari tim penilaian Lomba Gapoktan Berprestasi tingkat nasional. Acara yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Dinas pertanian dan pangan Provinsi DIY, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Bapak Camat Kecamatan Sentolo, Danramil Kecamatan Sentolo dan Kapolsek sentolo itu berjalan dengan lancar.
Acara difokuskan di 2 titik yaitu di gedung sekretariat gapoktan yang juga merupakan gedung unit LKMA Gapoktan dan unit usaha Distribusi dan pemasaran hasil pertanian. Tim penilai lomba terlebih dahulu disambut oleh kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo Bapak IR. H. Muh. Aris Nugroho, MMA di Gedung Sekretariat Gapoktan. Selanjutnya tim penilai melakukan verifikasi dan penilaian administrasi gapoktan. Acara dilanjutkan dengan kunjungan lapangan di unit usaha gapoktan.
Unit Usaha Gapoktan yang dikunjungi adalah unit usaha Distribusi dan pemasaran hasil pertanian. Unit usaha ini berupa penggilingan padi dan pemasarannya yang dijalankan oleh Bapak Slamet dan Bapak Ali Giyono. Selama berada di unit usaha distribusi dan pemasaran hasil pertanian ini tim penilai meninjau peralatan- peralatan yang menjadi aset unit usaha seperti penggilingan padi, mesin pengering gabah, alat pengepak beras dan menilai administrasi pembukuan yang dimiliki.

« Kembali | Kirim | Versi cetak