GERAKAN PENGENDALIAN DI KALIBAWANG MAMPU MENEKAN ANCAMAN SERANGAN HAMA PADI

Kamis, 9 Mei 2019 14:15:06 - Oleh : BPP KALIBAWANG

GERAKAN PENGENDALIAN DI KALIBAWANG MAMPU MENEKAN ANCAMAN SERANGAN HAMA PADI

SOSIALISASI PEDULI ASUH

Profil Puskeswan Lendah

TAU MANFAAT REFUGIA, KT. SRI TANI RUKUN LAKUKAN GERAKAN TANAM

 

 

KALIBAWANG. Upaya peningkatan produksi padi mendukung program pemerintah menuju swasembada pangan maka tim penyuluh pertanian dan petugas POPT Kecamatan Kalibawang terjun langsung ke lahan sawah untuk monitoring keadaan tanaman padi. Pelaksanaan monitoring tepatnya diwilayah Desa Banjararum di bulak Blumbang, bulak Dekso, bulak Degan, bulak Dondong.

Hasil monitoring tanaman padi ditemukan beberapa titik pengamatan populasi hama wereng dengan rata-rata 5 sampai 10 ekor tiap rumpun. Lokasi lahan yang ditemukan munculnya beberapa hama wereng tersebut berada di bulak Blumbang Krengseng, bulak Degan, bulak Dondong. Tindak lanjut hasil monitoring, petugas POPT Kalibawang merekomendasikan untuk dilakukan gerakan pengendalian menggunakan pestisida hayati. Setelah petugas POPT Kalibawang merekomendasikan gerakan pengendalian, selanjutnya tim penyuluh pertanian BPP Kalibawang berkoordinasi dengan kelompok tani yang bersangkutan serta pihak terkait untuk pelaksanaan gerakan pengendalian.

Gerakan pengendalian menggunakan agensiahayati  yaitu beauveria bassiana sp, PGPR, coryne bacterium yang telah disediakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo. Gerakan pengendalian telah dilaksanakan pada tanggal 2 April 2019 di bulak Blumbang Krengseng, pada tanggal 8 April 2019 di bulak Degan, dan pada tanggal 11 April 2019 di bulak Dondong. Pada saat itu umur tanam padi sekitar 35 hari setelah tanam.

Tindak lanjut setelah gerakan pengendalian terus dilakukan pengamatan oleh tim penyuluh pertanian BPP Kalibawang dan petugas POPT. Hasil pengamatan sampai saat ini (8/05/2019) pertumbuhan tanaman padi dalam kondisi sehat sudah muncul bulir padinya. Semoga saat panen nanti produksinya tetap lebih baik. *H&R

.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak