TAU MANFAAT REFUGIA, KT. SRI TANI RUKUN LAKUKAN GERAKAN TANAM

Selasa, 5 Maret 2019 12:31:27 - Oleh : BPP Sentolo (Kasiyah, SP)

Kapusluh Hadiri Seminar Regional Perhiptani dan KTNA DIY 2019 di Sleman

TEMU TEKNIS OPTIMALISASI LAHAN DENGAN "TURIMAN" DI BPP WATES

PEMBUKAAN PEDA KTNA DIY 2019

Kulon Progo Berjaya di "Lantip Trengginas" PEDA KTNA di Sleman

breaffing tanam refugia  

 

 

Tidak seperti biasanya, jumat pagi tanggal 28 Februari 2019 anggota Kelompok Tani Sri Tani Rukun, Dusun Karangasem Kulon, Desa Srikayangan  berkumpul di brak yang berada di tengah lahan sawah bulak Srikayangan. Dengan dipandu oleh koordinator penyuluh BPP Sentolo Ibu Kasiyah  dan penyuluh pertanian BPP Sentolo KT. Sri Tani rukum melaksanakan gerakan tanam tanaman refugia. Gerakan taman ini dilaksanakan oleh sekitar 40 orang anggota.

Kegiatan dimulai dengan pengarahan dari Ibu Kasiyah, SP. Selaku koordinator penyuluh dan penyuluh pendamping Desa Srikayangan. Disampaikan pula pengertian tanaman refujia dan manfaat tanaman refugia sebagai tanaman yang menyediakan tempat dan sumber makanan bagi musuh alami yang berupa predator dan parasitoid. Upaya perlindungan tanaman dengan tanaman refugia dipandang cukup ekonomis dan ramah lingkungan jika dibandingkan dengan penggunaan pestisida kimia.

Tanaman yang ditanam dalam gerakan tanam refugia ini antara lain bunga matahari, bunga keningkir, bunga kertas dan bunga Celosia atau bunga jengger ayam. Dengan adanya tanaman refugia ini disekitar tanaman inti yang dibudidayakan diharapkan dapat menarik serangga musuh alami dan meningkatkan stabilitas ekologi pertanian. (sumber : KS)   edt. li@nt

 

 

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak