SERBU SAYURKU DI HALAMAN PEMKAB KULON PROGO RAMAI PENGUNJUNG

Jum`at, 1 Februari 2019 21:51:06 - Oleh : Bidang Pangan dan Penyuluhan

Kapusluh Hadiri Seminar Regional Perhiptani dan KTNA DIY 2019 di Sleman

TEMU TEKNIS OPTIMALISASI LAHAN DENGAN "TURIMAN" DI BPP WATES

PEMBUKAAN PEDA KTNA DIY 2019

Kulon Progo Berjaya di "Lantip Trengginas" PEDA KTNA di Sleman

Serbu Sayurku di Halaman Pemkab Kulon Progo  

Serbu Sayurku untuk pertama kali digelar di Halaman Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Jumat 1 Februari 2019 ramai pengunjung dan mendapat respon positif dari masyarakat terutama karyawan / karyawati lingkup Kantor Pemkab Kulon Progo. Serbu Sayurku merupakan salah satu upaya dari masyarakat terutama Kelompok Wanita Tani se Kulon Progo dalam mendukung program Bela Beli Kulon Progo. Kelompok Wanita Tani yang melaksanakan kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan atau yang sering dikenal dengan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dibawah bimbingan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo telah banyak yang berhasil merubah lahan pekarangan dari Sinup Iyup Peteng menjadi Sehat Indah Produktif. Pada setiap kesempatan Ir. Bambang Tri Budi Harsono, MM selaku Kepala dinas Pertanian dan Pangan selalu menyampaikan untuk melaksanakan SIP, yaitu merubah pekarangan dari Sinup Iyup Peteng menjadi Sehat Indah Produktif. Sedangkan Ir. Trenggono Trimulyo, MT Kepala Bidang pangan dan Penyuluhan menambahkan bahwa modal utama mewujudkan SIP adalah TOP, yaitu Telaten Open Panen.

Tujuan dilaksanakan KRPL adalah untuk memenuhi pangan yang Bergizi Seimbang dan Aman, dan juga dapat mengurangi biaya pengeluaran belanja kebutuhan sehari-hari dan bahkan dapat mendapat keuntungan dari penjualan hasil pemanfaatan pekarangan untuk ditabung. Saat ini produksi hasil pekarangan terutama sayur, telur kampung dan bahkan ikan cukup banyak dan dijual.

Pada acara perdana Serbu Sayurku diikuti beberapa KWT antara lain KWT Mumpuni Kedungsari, KWT Dhuawar Sendangsari, KWT Anggrek Menoreh Gerbosari, KWT Manunggal Karya Kebonharjo, KWT Sidodadi Sidorejo dan KWT Lestari Margosari. Selain itu Gapoktan Among Tani Kedundang ikut memasarkan Beras Medium seharga Rp. 8.800 per kg dengan kemasan 5 kg relatif murah dipasaran mencapai Rp.9.500 -Rp.10.000 per kg.

Acara Serbu Sayurku terbilang sukses dan rencananya akan digelar setiap Jumat pagi di Halaman Pemkab Kulon Progo dengan produk yang variatif tidak hanya pangan segar tetapi juga pangan olahan berbahan baku hasil pemanfaatan pekarangan. Mudah mudahan acara Serbu Sayurku menjadi embrio berkembangnya usaha mikro kecil di Kulon Progo

« Kembali | Kirim | Versi cetak